Senin, 19 Oktober 2015

Telematika


  • Pengertian Telematika

Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.
Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L'informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan informatika. Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika.

Pertama kali istilah Telematika digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978. Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.


Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).


  • Beberapa faktor yang  menyebabkan  terjadinya penyalahgunaan fasilitas layanan telematika antara lain :
Kurangnya Pengawasan
Setiap penggunaan layanan telematika seperti internet apabila kurang diawasi oleh pemerintah maka membuat penyalahgunaan internet semakin marak.

Pengaruh Komunitas
Ajakan dalam hal ini bisa seperti ajakan dari lingkungan sekitar teman maupun komunitas. Penyalahgunaan fasilitas telematika baru-baru ini seperti situs resmi SONY yang diretas oleh kelompok yang mengatasnamakan GOP dan Lizard Squad.    

Adanya Kesempatan
Penyalahgunaan layanan telematika tidak mungkin terjadi apabila tidak adanya kesempatan.


  • Dan beberapa langkah untuk mengurangi penyalahgunaan fasilitas layanan telematika antara lain :
Peranan Orang Tua
Dengan adanya fasilitas layanan telematika seperti internet yang mudah diakses melalui smartphone membuat anak-anak menyalahgunakan perangkatnya untuk bermain dalam waktu yang lama dan mengakses konten – konten dewasa. Peranan orangtua bisa dengan mendampingi anak.

Pembatasan Konten
Hal ini merupakan bagian dari pemerintah dimana dengan adanya kebijakan pembatasan konten dewasa maupun konten yang bersifat SARA supaya setiap konten yang diakses oleh masyarakat adalah konten yang positif dan bermanfaat.

Teknologi Informasi dan Komunikasi, pada saat ini tidak dapat dilepaskan dengan Telematika (cyberspace). Perkembangan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini, telah mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan di masyarakat saat ini, sebagai contoh perkembangannya, Teknologi Telematika saat ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan yang jauh, bahkan sampai seluruh dunia. Pada saat ini Informasi sudah banyak sekali berkembang, hanya saja harus adanya dukungan dari Teknologi. Teknologi Telematika yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.


  • Berikut ini adalah sebuah contoh layanan Telematika pada bidang Informasi :
Warung Telepon
Warung Telepon ( Wartel ) adalah sarana telekomunikasi untuk masyarakat umum. Di dalam wartel terdapat kamar bicara ( KBU ) berisi pesawat telepon untuk digunakan pemakai jasa. Telepon di dalam kamar bicara umum bisa digunakan untuk pembicaraan telepon lokal, antar wilayah, interlokal ( SLJJ ), maupun sambungan langsung internasional. Biaya pemakaian jasa telekomunikasi dibayar langsung di tempat oleh konsumen sesuai tarif pulsa yang berlaku ditambah tarif pelayanan. pada saat ini wartel sudah sangat jarang dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini.

Warung Internet
Warung Internet ( Watnet ) adalah contoh dari pengaruh internet bagi masyarakat, selain sebagai tempat mendapatkan informasii warnet juga dapat sebagai sarana komunikasi melalui internet. Warnet pun kini sudah banyak dan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat manapun.

E-Commerce
E-Commerce adalah kegiatan jual beli secara electronik melalui jaringan internet. Kegiatan e-commerce memudahkan masyarakat dalam memasang iklan, memasarkan barang jualannya, membeli barang dan melakukan pemesan serta memudahkan mendapatkatkan informasi tentang barang yang diinginkan. E-commerce dapat diakses secara luas diseluruh dunia, prosesnya pun mudah dan tidak tergantung pada ruang dan waktu, siapa saja dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Contoh: Lazada, Bhinneka, Berniaga, dsb.

Pemesanan dan Pembelian Tiket Online
Pemesanan dan Pembelian Tiket Online adalah sebuah layanan Telematika yang saat ini memudahkan masyarakat untuk membeli atau memesan tiket tanpa perlu repot datang ke stasiun atau bandara untuk memesan atau membeli tiket kereta api ataupun pesawat terbang. Selain pemesanan dan pembelian tiket masyarakat pun juga dapat melihat jadwal kedatangan maupun keberangkatkan dari transportasi yang ingin digunakan.

Global Positioning System (GPS)
Global Positioning System ( GPS ) adalah sebuah layanan Telematika yang berfungsi untuk melacak atau bisa juga untuk member arah alamat yang ingin anda tujukan. Saat ini GPS banyak digunakan pada kendaraan yang telah menanamkan tenologi GPS ini, Penggunaan GPS berfungsi untuk memudahkan dalam menujukan arah dan mencari tempat yang diinginkan atau bisa juga untuk melacak keberadaan kendaraan anda pada saat hilang.


  • Keuntungan dari telematika antara lain :
1.Memudahkan kita dalam memperoleh data/informasi dimana saja, dan kapan saja sesuai kebutuhan
2.Meningkatkan kinerja pelaku usaha karena kemudahan pengaksesan informasi dan penyelenggaraan transaksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi
3.Mencerdaskan masyarakat karena dapat dengan mudah menambah pengetahuan/informasi yang dimiliki.
4.Memotong alur proses yang panjang dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintah.
5.Mempererat hubungan antar personal, antar wilayah dan antar Negara tanpa ada batasan ruang dan waktu.
 6.Meningkatkan dan memacu roda perekonomian nasional

  • Kerugian dari telematika antara lain :
1.Meningkatnya individualism masyarakat, karena tidak ada batas ruang dan waktu menyelusuri dunia maya sehingga terkadang menjadi lupa, dan tidak mengenal lingkungan sekitar.
2.Terdapat banyak ancaman yang dapat dilakukan oleh virus serta hacker maupun cracker.
3.Informasi dan data yang mudah diperoleh tidak hanya sekedar informasi yang bersifat positif bahkan banyak pula yang bersifat negatif yang dapat merusak moral serta meningkatnya tingkat kejahatan.
4.Waktu terbuang sia-sia untuk bermain game internet berlama-lama  
5.Kerugian Materiil seperti uang dalam ATM yang diretas  
6.Kerugian Non Materiil seperti data para user yang situsnya diretas

Media yang mendukung dalam penggunaan telematika antara lain:
1. Handphone
2. Internet
3. Video conference
4. Radio
5. GPS
6. Komputer
Referensi :
http://www.ivantinusjerry.asia/2015/01/faktor-dampak-penyalahgunaan-fasilitas-layanan-telematika-terbaru-lengkap.html
http://www.belajartekhnik.com/2014/10/pengertian-telematika-dan-layanan-dalam.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://awandaprisma.student.unej.ac.id/?p=65

0 komentar:

Posting Komentar