Teknologi
berarti keseluruhan sarana atau alat yang digunakan manusia untuk menghasilkan
barang dan jasa yang diperlukan manusia. Misalnya, manusia membutuhkan hiburan.
Televisi menyediakan hiburan yang dibutuhkan manusia tersebut. Televisi yang
ditonton menghasilkan gambar dan suara. Teknologi diciptakan untuk mempermudah
manusia melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan.
Perkembangan
Teknologi
1. Perkembangan
Teknologi Produksi
Masyarakat
pada masa lalu memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Teknologi yang digunakannya masih sangat sederhana. Dengan menggunakan alat
sederhana, memerlukan tenaga besar dan hasilnya pun terbatas.
Teknologi
produksi makanan dan obat-obatan
Untuk
dapat menikmati sepiring nasi ternyata prosesnya cukup panjang. Nasi berasal
dari beras, beras berasal dari tanaman padi.
Sebelum ditanami biasanya lahan digemburkan dulu. Pada masa lalu
penggemburan tanah dilakukan dengan dicangkul atau dibajak. Mencangkul
benar-benar menggunakan tenaga manusia sedangkan membajak sudah dibantu tenaga
sapi atau kerbau.
Para
petani di masa kini, untuk menggemburkan tanah menggunakan alat bermesin. Alat
ini disebut traktor. Dengan traktor kegiatan menggemburkan tanah dapat lebih
ringan, mudah dan cepat. Meskipun demikian saat ini masih ada petani yang
menggemburkan sawah dengan cangkul dan bajak.
Menumbuk padi
Ketika
padi sudah dipanen, butir padi harus dipisahkan dari batangnya. Kulit padi juga
harus dipisahkan dengan isinya (beras). Untuk melakukan kedua proses ini orang
sekarang juga sudah menggunakan mesin. Berbeda dengan zaman dahulu yang masih
menggunakan tenaga manual. Untuk memisahkan padi dari batangnya, padi
dipukul-pukulkan pada sebatang kayu. Sedangkan untuk memisahkan kulit padi
dengan isinya (beras) menggunakan lesung dan alu. Padi ditumbuk hingga
mengelupas kulitnya.
Dengan
adanya teknologi dapat membuat barang bermacam-macam dari satu bahan baku.
Tempe berasal dari kedelai yang diolah. Selain tempe, kedelai juga dapat diolah
menjadi makanan lain seperti tahu, kecap, susu, dan keripik. Dalam proses
produksi satu bahan dapat diolah menjadi beberapa barang produksi. Dengan
kreativitas yang dimilikinya, manusia berusaha membuat beragam produk dari
suatu bahan. Dengan demikian kemanfaatan suatu bahan juga semakin banyak.
Untuk
memproduksi obat-obatan pun teknologinya juga mengalami perkembangan yang
pesat. Dahulu manusia hanya meramu dan menumbuk obat-obatan dari bahan alami.
Saat ini meskipun bahannya ada yang dari bahan alami tetapi pengolahannya sudah
dengan menggunakan mesin. Dengan mesin proses pembuatan obat lebih cepat dan
higienis.
Teknologi
produksi pakaian
Untuk
membuat kain masyarakat masa lalu menggunakan alat tenun yang terbuat dari kayu
dengan rakitan yang sangat sederhana. Bahan pewarnanya menggunakan bahan-bahan
dari kulit pohon atau daun tanaman. Tentu saja pekerjaan ini memerlukan tenaga
yang cukup besar dan waktu yang lama dan produk yang dihasilkannya pun tidak
banyak.
Masyarakat
masa kini memenuhi kebutuhan sandangnya dengan mudah. Alat-alat yang
berteknologi modern sudah banyak ditemukan. Pabrik tekstil dengan mesin-mesin
modern dapat menghasilkan kain dalam jumlah besar dan kualitas yang tinggi.
Bahan baku pembuatan kain pun juga lebih bervariasi, misalnya kapas, bulu
biri-biri serta bahan sintetis (buatan). Meskipun demikian, saat ini masih
banyak orang yang menggunakan cara dan bahan tradisional. Biasanya harganya
justru lebih mahal.
Teknologi
produksi bahan bangunan
Manusia
memerlukan rumah sebagai tempat tinggal. Segala perlengkapan rumah tangga
seperti kursi, tempat tidur, lemari dibuat dari kayu. Masyarakat masa lalu
memotong kayu menggunakan kapak dan peralatan sederhana. Waktu yang diperlukan
cukup lama untuk mengerjakannya. Sedangkan sekarang orang memotong kayu dapat
menggunakan gergaji mesin. Selain lebih cepat hasil yang didapat pun sangat
banyak. Selain itu potongan juga lebih rapi. Menyerut pun juga sekarang sudah
menggunakan serutan mesin. Tidak seperti dulu yang menggunakan serutan biasa
dan menggunakan tenaga manusia lebih besar.
2. Perkembangan
Teknologi Komunikasi
Komunikasi
merupakan kegiatan mengirim dan menerima pesan. Sejak zaman dahulu orang sudah
biasa mengadakan komunikasi dengan orang lain. Baik yang berdekatan maupun yang
berjauhan tempat tinggalnya. Menyampaikan pesan bisa dengan bicara/lisan,
tulisan dan bisa juga dengan isyarat.
a. Komunikasi
lisan
Jaman
dahulu manusia mengalami kesulitan
berkomunikasi secara lisan dengan orang yang letaknya jauh. Kini kita sangat
mudah melakukan komunikasi lisan meskipun letaknya berjauhan. Beberapa alat
yang digunakan untuk berkomunikasi secara lisan saat ini adalah sebagai berikut
:
Telepon Seluler
Telepon
seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut
pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar
yang sama dengan telepon rumah, namun dapat dibawa ke mana-mana dan tidak perlu
disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless).
Dengan menekan nomor yang ingin dituju, kita dapat berkomunikasi dengan siapa
saja.
Radio
Radio
adalah salah satu alat komunikasi yang efektif. Melalui radio para pemimpin
bangsa dapat membangkitkan semangat para pejuang supaya tidak menyerah dan
putus asa. Sekarang ini, radio menjadi sarana hiburan dan berita. Melalui
radio, kita dapat mendengar lagu-lagu yang kita senangi. Kita dapat
mendengarkan sandiwarasandiwara. Itu artinya radio menjadi sarana hiburan.
Melalui radio kita dapat mendengarkan berita-berita penting yang terjadi baik
di dalam negeri maupun di luar negeri. Itulah maksudnya radio menjadi sarana
berita. Atas jasa Guglielmo Marconi, kita dapat menikmati siaran radio. Marconi
itulah yang pertama kali menemukan radio. Ia berasal dari Italia. Marconi lahir
pada tahun 1874 di Bologna, Italia. Ayah Marconi adalah orang Italia. Ibunya
berasal dari Irlandia.
Telepon Rumah
Telepon
pertama dibuat pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell di Amerika Serikat..
Dengan menekan nomor tujuan dalam waktu singkat kita dapat berkomunikasi dengan
teman atau siapa saja baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sistem
pembicaraan melalui telepon ada yang disebut lokal dan ada juga interlokal.
Lokal yaitu hubungan telepon di dalam kota atau daerah yang berdekatan.
Interlokal adalah sambungan telepon dari kota yang satu ke kota yang lain.
Semakin jauh jarak sambungan telepon semakin besar biaya yang harus
dikeluarkan.
Walkie talkie
Walkie
talkie adalah sebuah alat komunikasi genggam yang dapat mengkomunikasikan dua
orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio. Kebanyakan walkie talkie
digunakan untuk melakukan kedua fungsinya yaitu berbicara ataupun mendengar.
Walkie Talkie dikenal dengan sebutan Two Way Radio ataupun radio dua arah, yang
dapat melakukan pembicaraan dua arah, berbicara dan mendengar lawan bicara
secara bergantian. Walkie talkie dapat digunakan dalam jarak 0,5 Km sampai
dengan 2,5 Km tanpa menggunakan biaya pulsa seperti menelpon.
b. Komunikasi
tertulis
Komunikasi
tertulis melalui surat dari dulu sampai sekarang masih dilakukan orang. Sebelum
ditemukan kertas, biasanya orang menulis surat pada daun, pelepah pohon atau
kulit batang. Surat diantar oleh seorang kurir (pengantar surat). Kurir adalah
orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus. Pesan khusus itu bisa dalam
bentuk surat. Isinya biasanya adalah pesan rahasia antarkerajaan. Pada masa
lalu mereka mengantar surat dengan berjalan kaki atau menunggang kuda.
SMS
Layanan
pesan singkat atau Surat masa singkat (bahasa Inggris: Short Message Service
disingkat SMS) adalah sebuah layanan yang dilaksanakan dengan sebuah telepon
genggam untuk mengirim atau menerima pesan-pesan pendek. Sebuah pesan SMS
maksimal terdiri dari 140 karakter. Adapula beberapa metode untuk mengirim
pesan yang lebih dari 140 karakter, tetapi seorang pengguna harus membayar
lebih dari sekali. SMS bisa pula untuk mengirim gambar, suara dan film. SMS
bentuk ini disebut MMS.
Faksimile
Faksimile
artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Dalam bidang yang lain, mesin
faks juga dapat disebut telecopier. Faksimile merupakan mesin cetak/fotocopy
jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan telepon. Dengan faksimile surat dapat
diterima salinannya secara langsung. Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang
digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang
mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan
aslinya.
Surat
Masyarakat
masa kini menulis di atas kertas dengan cara tulis tangan atau diketik. Surat
dapat kita kirim ke tujuan yang jauh tempat tinggalnya melalui kantor pos.
Cepat atau lambatnya pengiriman tergantung pada biaya atau perangko yang
diberikan.
Proses
komunikasi tertulis lewat surat adalah sebagai berikut :
Pertama-tama
orang menulis surat dulu. Isi surat bisa bermacam-macam. Setelah ditulis, surat
dilipat dan dimasukkan ke dalam amplop. Amplop diberi alamat kepada siapa surat
itu ditulis. Selain itu alamat pengirim surat juga dituliskan.
Setelah
itu surat dibawa ke kantor pos untuk dikirimkan. Kalau belum ada perangkonya,
surat harus diberi perangko dulu. Perangko dapat dibeli di kantor pos.
Setelah
itu, surat dikirim ke tempat tujuan. Ada yang dikirim dengan pesawat, kapal,
dan angkutan darat.
Setelah
sampai di kota tujuan, surat diantar oleh pak pos ke alamat tujuan surat.
Alat
komunikasi tertulis lainnya adalah koran, majalah dan buku yang disebut sebagai
media cetak. Telepon genggam dan internet juga dapat dimanfaatkan untuk
mengirim pesan tertulis yang disebut dengan SMS (Short Message Service) dan
e-mail atau surat elektronik.
Media Cetak
Saat
ini sangat banyak pilihan media cetak. Ada majalah atau koran yang terbit
harian, mingguan, bulanan, atau tiga bulanan. Media cetak tersebut mempunyai
manfaat yang sangat besar bagi kita. Berbagai macam informasi dan pengetahuan
bisa kita dapatkan apabila kita rajin membaca dari media cetak. Beberapa surat
kabar yang setia melayani para pembaca, misalnya, Kompas, Media Indonesia,
Suara Pembaruan, Republika, dan lain-lain.
Internet
Zaman
sekarang sudah ada alat komunikasi yang lebih canggih lagi. Alat komunikasi itu
bernama internet. Peralatan yang dipakai untuk berkomunikasi melalui internet
adalah komputer. Melalui internet itu kita dapat berkomunikasi dengan orang
lain di seluruh dunia. Kita juga dapat membaca berita, mengirim atau menerima
gambar, mengirim atau menerima surat melalui e-mail, dan lain-lain.
Pager
Radio
panggil lebih dikenal dengan sebutan pager yaitu alat telekomunikasi pribadi
untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio panggil numerik satu arah
hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja, khas layaknya
sebuah nomor telepon yang digunakan penggunanya untuk menelepon. Jika ada pesan
yang masuk, pager akan berbunyi dan pesannya tertulis pada layar pager. Radio
panggil alphanumerik juga tersedia dengan sistem dua arah dapat mengirim pesan
melalui surat elektronik atau SMS (short massage service).
c. Komunikasi
melalui isyarat
Masyarakat
masa lalu biasa menggunakan kentongan, bedug, lonceng ataupun asap untuk
berkomunikasi. Selain itu pada jaman dahulu juga menggunkan telik sandi. Telik
sandi atau mata-mata adalah orang yang dipilih untuk mengintip atau menyusup
masuk ke dalam pertahanan musuh. Tugas utamanya adalah mencari tahu kekuatan
dan kelemahan musuh. Informasi dari telik sandi ini penting untuk mengalahkan
musuh. Masyarakat masa kini juga masih menggunakan alat-alat tersebut. Namun
penggunaanya kadang ditambah dengan alat pengeras suara. Sekarang juga banyak
digunakan sirine, alarm, dan lampu sebagai alat komunikasi isyarat.
Bedug
Bedug
adalah alat musik tabuh seperti gendang, yang memiliki fungsi sebagai alat
komunikasi tradisional, dalam kegiatan ritual keagamaan. Di Indonesia, sebuah
bedug biasa dibunyikan untuk pemberitahuan mengenai waktu salat atau
sembahyang. Bedug terbuat dari sepotong batang kayu besar atau pohon enau
sepanjang kira-kira satu meter atau lebih. Bagian tengah batang dilubangi
sehingga berbentuk tabung besar. Ujung batang yang berukuran lebih besar
ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai membran atau selaput
gendang. Bila ditabuh, bedug menimbulkan suara berat, bernada khas, rendah,
tetapi dapat terdengar sampai jarak yang cukup jauh.
Kenthongan
Kentongan
ialah sebuah alat komu-nikasi yang digunakan orang zaman dulu. Alat ini
digunakan dengan cara dipukul dengan menggunakan sebuah alat yang terbuat dari
kayu/ bambu. Kentongan ada yang terbuat dari bambu dan ada juga yang terbuat
dari batang kayu yang diberi lobang atau rongga di dalamnya. Kentongan
berfungsi sebagai sarana komunikasi di antara penduduk desa. Kentongan dipakai
misalnya untuk:
memanggil
warga desa melakukan kerja bakti,
memanggil
warga desa agar berkumpul di balai desa,
memberitahu
warga desa bahwa sedang terjadi pencurian atau perampokan,
memberitahu
warga kalau ada warga yang meninggal dunia,
memberitahu
warga kalau terjadi bencana alam, misalnya banjir, gunung meletus, kebakaran,
dan sebagainya.
Cara
membunyikan kentongan tersebut berbeda-beda. Misalnya, cara membunyikan
kentongan untuk kerja bakti atau musyawarah berbeda dengan ketika ada serangan,
pencurian, atau perampokan. Hal ini telah menjadi kesepakatan di antara warga
desa. Pada zaman dulu, setiap rumah mempunyai kentongan. Zaman sekarang pun, di
desa-desa masih dipakai kentongan untuk berkomunikasi. Biasanya yang
membunyikan kentongan adalah kepala desa. Tapi kalau ada pencurian atau bencana
alam, siapa yang pertama mengetahuinya harus membunyikan kentongan.
Telegram
Telegram
disebut juga surat kawat. Telegram ialah berita yang dikirim melalui telegraf.
Kode-kode atau isyarat yang digunakan untuk mengirim pesan melalui telegraf
disebut morse. Kamu dapat mengirim telegram di kantor telegram. Berita yang
kamu tulis pada telegram itu, hendaknya singkat namun jelas. Sebab jika berita
yang kamu tulis terlalu banyak, maka uang yang dikeluarkan untuk mengirim
telegram juga banyak.
Asap
Sarana
komunikasi menggunakan asap tergolong unik dan sangat populer. Asap dapat
digunakan untuk mengirimkan informasi rahasia kepada teman maupun lawan. Dalam
berkomunikasi dengan menggunakan asap, adalah tidak ada kode-kode yang baku.
Sehingga, tidak semua orang dapat membaca maksud dari kepulan asap yang
dikirimkan. Asap dapat digunakan untuk meminta bantuan ketika seseorang atau
beberapa orang sedang mengalami keadaan tersesat di hutan, yaitu dengan cara
menunjukan keberadaannya dengan menggunakan asap. Atau mungkin anda pernah
mengikuti pada salah satu kegiatan Pramuka, dimana mereka menggunakan asap
dalam suatu permainan pesan berantai.
3. Perkembangan
Teknologi Transportasi
Sebenarnya
transportasi sama dengan pengangkutan. Mengangkut adalah memindahkan barang
atau orang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Alat transportasi adalah alat
yang digunakan untuk menganggut penumpang atau barang. Sejak dahulu orang sudah
mengenal alat angkutan walaupun sangat sederhana. Mereka menggunakan tenaga
hewan bahkan tenaga manusia sebagai alat transportasi. Dengan berkembanganya ilmu
pengetahuan teknologi transportasi sekarang telah mengalami perubahan yang
sangat pesat.
1) Transportasi
darat
Masyarakat
pada masa lalu menggunakan alat transportasi yang masih sederhana. Sebelum
ditemukan mesin, alat transportasi seperti pedati, delman, dan kuda merupakan
alat transportasi andalan. Teknologi transportasi tersebut masih menggunakan
tenaga hewan dan manusia. Kemampuan jelajahnya juga masih sangat terbatas dan
memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut
namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai
sarana rekreasi saja.
Sejak
ditemukan mesin uap, berkembang pula kendaraan bermesin lainnya. Alat
transportasi bermesin seperti sepeda motor, mobil, kereta api merupakan alat
transportasi yang modern. Semua alat transportasi ini berkembang dari bentuk
yang sederhana. Kita ambil contoh sepeda. Sepeda pertama tidak mempunyai pedal
atau kayuh. Pedal atau kayuh pertama ditemukan seorang pandai besi dari
Skotlandia. Pedal itu dipasang di roda belakang. Kemudian, sepeda Prancis
dibuat dengan memakai pedal atau kayuh di depan. Roda depannya dibuat lebih
besar. Sepeda pertama memakai roda besi. Setelah itu, roda besi diberi karet
keras.
Tahun
1885, sepeda sudah seperti sepeda sekarang. Sesudah tahun 1888, ban keras
diganti dengan ban yang diisi angin. Lalu berpikir untuk membuat sepeda yang
tidak perlu dikayuh. Lalu sepeda itu ditambah mesin. Jadilah sepeda motor.
Sepeda motor pertama adalah sepeda biasa yang dijalankan dengan mesin uap.
Dengan alat transportasi tersebut, jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu yang
singkat. Sepeda motor itu dibuat oleh
Ernest dan Pierre Michaux tahun 1805. Sepeda motor yang ada sekarang jauh lebih
cepat dan lebih modern. Sekarang, kita dapat menemukan berbagai merek sepeda
motor.
Yang
lebih maju lagi adalah mobil. Teknologi yang digunakan untuk membuat mobil juga
berkembang. Mobil pertama dibuat di Jerman pada tahun 1880. Orang-orang yang
terkenal sebagai pembuat mobil adalah Carl Benz, Henry Ford, dan Suzuki. Pada
zaman sekarang sudah ada banyak jenis mobil. Ada mobil sedan, bus tingkat, bus
gandeng, truk yang rodanya ada 6 sampai truk yang rodanya 14, mobil balap, dan
sebagainya.
Angkutan
darat yang lain adalah kereta api.
Kereta api mampu mengangkut lebih banyak orang dibandingkan dengan bus.
Kereta api juga lebih cepat dibandingkan bus. Rangkaian kereta api ditarik oleh
sebuah lokomotif. Disebut rangkaian karena kereta api terdiri dari satu
lokomotif dan beberapa gerbong. Lokomotif adalah kepala kereta tempat mesin
untuk menggerakkan kereta api. Di lokomotif itu ada ruang kemudi. Orang yang
mengemudikan kereta api disebut masinis. Teknologi yang digunakan kereta api
pun berkembang. Zaman dulu, lokomotif digerakkan dengan mesin uap. Uap air itu
diperoleh dengan memanaskan air yang ada di dalam ketel besar. Bahan bakar yang
dipergunakan untuk lokomotif bermesin uap adalah batu bara atau kayu bakar.
Kereta api zaman sekarang digerakkan dengan tenaga mesin diesel atau tenaga
listrik. Kereta api di Indonesia dibuat oleh Industri Kereta Api (Inkai).
2) Transportasi
air
Transportasi
air adalah alat transportasi yang digunakan di sungai, danau, dan laut.
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu
dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh
kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin
dan tenaga manusia. Dulu orang berlayar bergantung pada angin, sehingga
berlayar waktunya bisa lama sekali.
Kapal
sudah digerakkan dengan mesin diesel, mesin uap. Ada juga kapal yang digerakkan
dengan tenaga nuklir. Pertama kali, kapal uap didorong oleh roda-roda pendayung
yang besar. Letak roda-roda itu ada di samping kiri dan kanan kapal. Sejak
tahun 1840 mulai dipakai baling-baling seperti yang ada di kapal sekarang.
Baling-baling itu ada di bagian belakang kapal dan berada di dalam air. Bahan
bakar kapal uap adalah batubara. Badan kapal sebelumnya terbuat dari kayu
diganti dengan besi. Kemudian, besi diganti dengan baja. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor,
masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi
air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh
jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai
landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk.
Menurut
fungsinya, ada bermacam-macam jenis kapal.
Kapal
barang, Jenis kapal khusus untuk mengangkut barang-barang. Biasanya dipakai
untuk mengangkut mobil, beras, kontainer, dan sebagainya.
Kapal
penumpang, Kapal yang khusus mengangkut orang. Yang termasuk kapal penumpang
adalah kapal ferry.
Kapal
tanker, Kapal tanker adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut
minyak, gas, pelumas, solar, bensin.
Kapal
perang, Kapal perang adalah kapal yang khusus digunakan oleh angkatan laut
untuk berperang. Kapal jenis ini dilengkapi dengan senjatasenjata dan meriam.
Bahkan ada kapal yang dapat dipakai untuk mengangkut pesawat. Kapal ini namanya
kapal induk.
Kapal
tunda, Kapal tunda adalah kapal yang digunakan untuk memandu kapalkapal besar
waktu masuk ke pelabuhan atau keluar pelabuhan.
Kapal
ikan, Kapal ikan adalah kapal yang digunakan para nelayan khusus untuk
menangkap ikan.
Kapal
riset, Kapal riset adalah kapal yang digunakan oleh para ahli atau peneliti
untuk meneliti kehidupan laut.
Urusan
transportasi laut diatur oleh Dirjen Perhubungan Laut di bawah naungan
Departemen Perhubungan. Perusahaan pemerintah yang mengelola transportasi laut
adalah PT Pelni dan Perum ASDP. Pelni singkatan dari Pelayaran Nasional
Indonesia. ASDP singkatan dari Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan. Untuk
mendukung lancarnya perjalanan laut diperlukan dermagadermaga atau pelabuhan
untuk berlabuh kapal. Ada banyak pelabuhan di Indonesia. Misalnya, Pelabuhan
Tanjungpriok (Jakarta), Tanjungperak (Surabaya), Tanjungemas (Semarang), dan
Belawan (Medan).
3) Transportasi
udara
Selain
pesawat udara, ada balon udara, dan helikopter. Balon udara pertama kali dibuat
pada tahun 1783. Nama pembuatnya adalah Montgolfier. Balon udara ini dapat
terbang karena diberi udara panas. Udara panas itu berasal dari hidrogen yang
dibakar. Kalau pemanas dinyalakan, balon akan naik. Kalau udara di dalam balon
menjadi dingin, balon akan turun. Sekarang gas hidrogen tidak dipakai lagi
untuk menerbangkan balon karena mudah terbakar. Sebagai gantinya, orang
sekarang memakai gas helium yang tidak mudah terbakar.
Alat
transportasi udara yang lain adalah kapal udara. Kapal udara digerakkan mesin.
Supaya kapal udara ini dapat melayang, balon udaranya diisi gas helium. Di
bagian bawah balon udara ada ruangan untuk penumpang. Ruang untuk penumpang itu
namanya gondola. Gondola memuat kurang lebih 20 orang penumpang. Mesin untuk
menggerakkan kapal udara ini dipasang pada gondola. Mesin-mesin itu berfungsi
untuk menggerakkan kapal udara ke depan, naik, turun, atau berputar. Ada pilot
yang mengendalikan kapal udara ini.
Alat
transportasi udara yang lebih modern lagi adalah pesawat udara. Pesawat yang
pertama kali dibuat digerakkan dengan baling-baling. Sekarang, pesawat
penumpang sudah menggunakan mesin jet. Pesawat penumpang sekarang bisa
mengangkut ratusan orang. Tranportasi udara memerlukan pelabuhan udara atau
bandar udara. Bandar udara adalah terminal untuk pesawat. Bandar udara sering
disingkat bandara. Di Jakarta ada dua bandar udara, yaitu Bandar Udara
Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng dan Bandar Udara Halim Perdana Kusuma.
Di
Indonesia, urusan transportasi udara ditangani oleh Dirjen Perhubungan Udara.
Dirjen Perhubungan Udara berada di bawah Departemen Perhubungan. Ada banyak
perusahaan penerbangan yang melayani penerbangan di Indonesia. Maskapai
penerbangan yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah Garuda
Indonesia Airways (GIA) dan Merpati Nusantara Airlines. Selain itu, ada banyak
sekali maskapai penerbangan swasta dari dalam dan luar negeri yang beroperasi
di Indonesia.
C. Kelebihan dan
Kekurangan Teknologi
Teknologi
masa lalu maupun masa kini memiliki kelebihan dan kelemahan.
Misalnya
teknologi masa lalu lebih lambat sedangkan teknologi masa kini lebih cepat.
Pada
umumnya teknologi masa lalu hampir semua bebas polusi. Baik polusi udara,
polusi suara maupun polusi lainnya. Sedangkan teknologi masa kini memiliki
kelemahan yakni menimbulkan polusi. Seperti polusi udara, tanah, air dan suara.
Polusi udara menyebabkan napas menjadi sesak
Teknologi
transpotasi masa lalu lebih aman. Teknologi masa kini rawan menimbulkan
kecelakaan. Di negara kita ratusan orang meninggal tiap tahun karena kecelakaan
lalu lintas. Hal ini banyak disebabkan oleh faktor manusia yang lalai dan
ceroboh.
PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI TRANSPORTASI
Sejak
zaman dahulu kala, manusia hidup berkelompok dan sering berpindah-pindah
tempat. Untuk memudahkan proses pemindahan barang yang dimilikinya, manusia
menciptakan alat angkut tradisional baik berupa gerobak, perahu dayung maupun
memanfaatkan hewan.
Dengan
berkembangnya zaman, kebutuhan manusia pun makin beragam seiring dengan meningkatnya
kemajuan teknologi. Untuk memenuhi kebutuhan yang semakin beragam, manusia
berusaha untuk mencari kemudahan-kemudahan seperti membuat alat angkut sesuai
dengan kebutuhan. Alat angkut yang dewasa ini banyak digunakan antara lain :
-
becak -
mobil dan bus
-
sepeda - kereta api
-
sepeda motor - kapal laut
-
andong/dokar -
pesawat terbang
A. Jenis
Transportasi
Alat
transportasi dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
Transportasi darat : sepeda, becak, andong,
sepeda motor, mobil, bus, kereta api dll
Transportasi laut : speed boat, kapal laut dll
Transportasi udara : kapal terbang, helikopter dll
Ketiga
jenis transportasi ini umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengangkutan
dan mobilisasi manusia maupun barang.
Transportasi
ditinjau dari segi operasionalnya bisa dibedakan menjadi dua macam yakni
transportasi internal dan transportasi eksternal.
1. Transportasi Internal
Transportasi
internal adalah jenis transportasi yang dilakukan sendiri oleh orang yang
bersangkutan seperti berbelanja pada sebuah pasar Swalayan (Supermarket).
Pembeli mengambil
barang-barang yang dibutuhkan dan diletakkan di kereta dorong, kemudian
barang-barang tersebut dibawa ke kasa untuk urusan pembayaran. Barang-barang
yang sudah dibeli selanjutnya disimpan di bagasi mobil dan dibawa ke rumah
untuk disimpan di lemari es. Proses pemindahan barang-barang dari supermarket
hingga ke lemari es dilakukan sendiri oleh konsumen. Dengan demikian,
transportasi seperti ini masuk dalam kategori transportasi internal.
2.
Transportasi Ekstern
Transportasi
eksternal adalah transportasi yang dilakukan dari satu tempat ke tempat lain,
sebagai contoh pengiriman barang dari satu perusahaan ke perusahaan lain/pihak
pemesan. Transportasi eksternal biasanya berhubungan dengan pemindahan barang
dalam jumlah besar sehingga diperlukan cara khusus untuk menanganinya.
Sebagai contoh
pengiriman kendaraan dari satu daerah ke daerah lain, antarpulau menggunakan
kapal laut sedangkan pengiriman melalui darat biasanya dilakukan menggunakan
truk trailer atau kereta api. Pemilihan jenis alat transportasi harus
benar-benar diperhitungkan, artinya penggunaan alat transportasi ini harus
efisien dengan memperhatikan jenis barang yang dikirim, volume, jenis
pengiriman dan jarak yang harus ditempuh.
Hal ini mengingat
bahwa pengiriman barang memerlukan biaya dan ketepatan waktu.
Dalam hal
pengiriman barang, rute perjalanan transportasi juga harus diperhitungkan, dan
diusahakan agar perjalanan dari satu kota ke kota lain sarat dengan proses
pengiriman barang, demikian pula saat kembali ke kota asal. Dengan demikian
tidak ada perjalanan yang percuma.
B. Transportasi Antarpulau
Indonesia merupakan
negara kepulauan yang masing-masing pulau dihubungkan oleh lautan. Dengan
demikian, transportasi yang mungkin dilakukan ada dua alternatif yaitu melalui
udara dan laut. Untuk pengiriman barang melalui kedua alternatif ini harus
benar-benar diperhitungkan. Pengiriman barang melalui udara relatif lebih cepat
dibandingkan melalui laut namun biaya yang diperlukan umumnya lebih mahal. Oleh
karena itu, pengiriman barang lewat udara biasanya berbentuk barang yang lebih
kecil dan sifatnya sangat urgen. Sebagai contoh adalah pengiriman surat.
Pengiriman sepucuk surat pun ternyata tidak begitu mudah karena hanya untuk
sepucuk surat saja diperlukan berbagai macam transportasi.
Pengiriman sepucuk
surat saja harus melalui tempat-tempat tertentu dengan menggunakan berbagai
alat transportasi.
Lain halnya dengan
transportasi barang-barang dalam jumlah besar, pengiriman barang-barang ini
biasanya menggunakan transportasi darat dan laut. Pertama, barang-barang ini
dikemas dalam sebuah kontainer selanjutnya kontainer dibawa ke pelabuhan menggunakan truk trailer atau kereta api. Di
pelabuhan, kontainer-kontainer ini dipindahkan pada sebuah kapal laut dengan
menggunakan “Container crane”.
Container crane
menjadi sangat penting dalam proses pemindahan barang/kontainer ke atas kapal.
Pada Container crane terdapat “Spreader” atau pengangkat kontainer yang dapat
bergerak dari kiri ke kanan atau sebaliknya.
Sedangkan Container
crane-nya sendiri dapat berpindah/bergeser ke arah sejajar batas pantai.
Kontainer-kontainer
ini selanjutnya diangkut ke tempat tujuan, tentu saja melalui pelabuhan
setempat. Dan dengan angkutan darat lainnya kontainer-kontainer ini dikirim ke
perusahan pemesan atau konsumen.
Rangkuman
Transportasi
merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini
dikarenakan hampir semua kegiatan manusia tidak lepas dari proses transportasi.
Alat transportasi
dapat dibagi dalam tiga jenis, yakni transportasi darat, transportasi laut dan
transportasi udara.
Secara operasional,
transportasi dapat dibagi menjadi dua bagian besar yakni transportasi internal
dan transportasi ekstern.
Selain manfaat
mobilitas, pengaruh lain yang diberikan oleh alat transportasi adalah polusi
yang memberikan pengaruh terhadap kesehatan dan lingkungan.
Bagi sebuah negara,
trasportasi menjadi salah satu elemen yang memegang peranan penting dalam
rangka mensejahterakan rakyatnya. Sebelumnya perlu kita pahami terlebih dahulu
pengertian transportasi secara umum adalah kegiatan mengangkut maupun
memindahkan sesuatu dari tempat yang satu ke tempat lain.
Sistem transportasi
baik itu darat, laut maupun udara yang menjadi urat nadi pembangunan suatu
wilayah selalu berhubungan erat dengan kemajuan teknologi. Seperti
negara-negara pada umumnya, perkembangan transportasi darat di Indonesia tidak
bisa lepas dari sejarah transportasi itu sendiri. Mengenai topik ini, kita bisa
menemukannya melalui artikel, makalah maupun dokumentasi lainnya yang telah
banyak diterbitkan.
Jika menilik
sejarah perkembangan teknologi transportasi darat di tanah air, berbagai sumber
menyebutkan bahwa hal ini berkaitan langsung dengan situasi politik yang
sedanga berjalan di masa itu. Bila sebelumnya masyarakat kita akrab sekali
dengan kendaraan tradisional seperti kuda, pedati, gerobak, andong serta becak
sebagai angkutan pribadi, angkutan barang maupun massal, lambat laun kendaraan
seperti ini mulai tergantikan. Pergerakan zaman dengan laju teknologi dan
tentunya tak lepas dari campur tangan rezim penguasa menjadi kekuatan yang tak
terbendung.
Pelan tapi pasti
kendaraan-kendaraan seperti sepeda kayuh, sepeda motor, mobil serta kereta api
hadir memenuhi jalan-jalan diseluruh tanah air. Perlu diketahui bahwa
kedatangan bangsa Belanda yang telah menjajah rakyat Indonesia sedikit banyak
turut memelopori perkembangan teknologi transportasi darat kita. Sebutlah jalur
Daendels yang membentang di pulau Jawa serta hadirnya kereta api sebagai
angkutan massal modern berikut infrastruktur pendukung lainnya. Tentu kita
tidak boleh melupakan fakta-fakta miris yang menyertai proses pembuatannya
seperti kekejaman penjajah dengan sikap tangan besi seenaknya menghabisi nyawa
pekerja yang saat itu 99 persen adalah warga pribumi.
Pada era Orde Baru,
perkembangan teknologi transportasi darat di Indonesia telah mencapai suatu
titik dimana kualitas serta kuantitasnya boleh disamakan dengan negara
berkembang lainnya. Dengan kata lain kemajuan yang cukup berarti telah diraih.
Hal ini bisa kita lihat dengan beragamnya kendaraan yang telah beroperasi di
jalan raya baik itu di kota-kota besar ataupun terpencil sekalipun. Berbagai
ukuran bus dari yang kecil, sedang hingga besar sebagai sarana angkutan umum
massal telah beroperasi dengan lancar, yang melayani berbagai rute seperti
dalam kota atau antar kota dalam propinsi, lintas propinsi maupun pulau.
Kemajuan juga dapat
kita temui pada jenis angkutan umum massal yang lain yakni dengan semakin
banyaknya jalur kereta api yang dibuka. Di sepanjang pulau Jawa, Sumatera,
Sulawesi, Kalimantan serta yang lainnya kini telah terakses oleh lintasan
kereta api. Nuansa perkembangan teknologi transportasi darat begitu terasa
dengan penambahan jalur serta penataan PJKA sebagai kepanjangan tangan
pemerintah yang menangani urusan kereta api. Modernisasi dalam hal teknologi
juga terus diupayakan, hal ini ditandai dengan mulai dioperasikannya kereta
listrik serta berbagai kerja sama dengan negara maju untuk mengembangkan sistem
perkeretaapian yang mutakhir.
Meski begitu masih
banyak pekerjaan rumah yang harus kita rampungkan terkait perkembangan
teknologi transportasi darat ini. Didalamnya mengandung beberapa aspek penting
dan harus kita beri porsi perhatian yang lebih, diantaranya adalah faktor
keamanan. Sering datang kepada kita berita yang menyedihkan terkait sebuah
kecelakaan maut baik itu menimpa kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Baik
itu disebabkan oleh kelemahan sistem, kesalahan pengemudi maupun tingkah laku
para pengguna jalan lainnya. Berbagai kejadian yang bila ditarik garis
tengahnya bisa ditemukan sebuah kesimpulan akan lemahnya ilmu maupun sikap
kesadaran yang kita miliki saat berurusan dengan sistem atau berkendara di
jalan raya. Terlepas dari itu semua kita patut mengapresiasi berbagai
pencapaian tersebut dengan harapan kedepan berbagai perbaikan serta penyempurnaan
di setiap lini akan terus dilakukan.
Teknologi pangan
Teknologi pangan
adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan
khususnya stelah panen (pasca panen) guna memperoleh manfaatnya seoptimal
mungkin dan sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut.
Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari
bahan pangan dan proses yang mengolah bahan pangan tersebut. Spesialisasinya
beragam, diantaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan dan
sebagainya.
Sejarah teknologi
pangan dimulai ketika Nicolas Appert mengalengkan bahan pangan yang masih terus
berlangsung hingga saat ini. Namun ketika itu, Nicolas Appert
mengaplikasikannya tidak berdasarkan ilmu pengetahuan terkait pangan. Aplikasi
teknologi pangan berdasarkan ilmu pengetahuan dimulai oleh Louis Pasteur ketika
mencoba untuk mencegah kerusakan akibat mikroba pada fasilitas fermentasi
anggur setelah melakukan penelitian terhadap anggur yang terinfeksi. Selain
itu, Pasteur juga menemukan proses yang disebut pasteurisasi, yaitu pemanasan
susu dan produk susu untuk membunuh mikroba yang ada di dalamnya dengan
perubahan sifat dari susu yang minimal. Sejarah Teknologi pangan di Indonesia
menyangkut beberapa aspek, disamping aspek program pendidikan juga berhubungan
erat dengan sejarah perkembangan institusi, bidang IPTEKS, SDM (Staff,
lulusan), prasarana dan fasilitas, juga menyangkut perkembangan lapangan kerja,
industri dan perdagangan produk pangan serta dinamika masyarakat dan trend
konsumsi pangan.
Manfaat teknologi pangan
Adanya teknologi
pangan sangat menunjang ketersediaannya pangan. Alam menghasilkan bahan pangan
secara berkala, sementara kebutuhan manusia akan pangan adalah rutin. Kita
tidak mungkin menunda keperluar perut hingga masa panen tiba. Oleh karena itu
adanya teknologi pengawetan sehingga makanan dapat disimpan untuk jangka waktu
yang cukup lama. Teknik pengawetan juga memungkinkan untuk mendistibusikan
bahan pangan secara merata ke seluruh penjuru dunia. Dulu, orang-orang di eropa
tidak bisa menikmati makanan-makanan asia. Tetapi sekarang karena teknologi
pangan setiap bangsa dapat menikmati makanan khas bangsa lainnya.
Pengembangan di bidang teknologi pangan
Beberapa proses
terkait pemrosesan bahan pangan telah memberikan kontribusinya di bidang
teknologi pangan, terutama pada rantai produksi dan suplai pangan. Pengembangan
tersebut misalnya:
Pembuatan susu
bubuk telah menjadi dasar untuk pembuatan berbagai produk baru dari benda cair
dan semi cair yang dapat diseduh (dapat direhidrasi kembali) setelah
dikeringkan menjadi padatan berbentuk serbuk. Hal ini juga yang menjadikan
proses distribusi susu menjadi lebih efisien dan cikal bakal berkembangnya
industri susu formula.
Dekafeinasi untuk kopi dan teh, namun lebih
banyak digunakan pada biji kopi demi mengurangi kadar kafein pada kopi. Biji
kopi kering diproses menggunakan uap hingga kadar airnya menjadi sektar 20%.
Panas diberikan untuk memisahkan kafein dari biji kopi ke permukaan kulitnya.
Lalu pelarut diberikan untuk memindahkan kafein dari biji kopi. Hingga tahun
1980an, pelarut yang digunakan adalah pelarut organik. Karbon dioksida
merupakan salah satu pelarut non organik yang digunakan untuk memisahkan kafein
di bawah kondisi super kritis.
Program studi teknologi pangan
Di Indonesia,
Institut Pertanian Bogor menjadi pionir studi teknologi pangan di Indonesia
dengan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB.
Universitas Gajah Mada juga memiliki program studi teknologi pangan di Departemen
Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian. Program studi Teknologi Pangan memiliki
prospek yang cukup baik di masa depan. Kini banyak universitas mulai
menambahkan program studi teknologi pangan seperti Universitas Sebelas Maret,
Universitas Padjajaran, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dan Universitas
Bakrie
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN
INFORMASI DI INDONESIA
Teknologi informasi
adalah suatu teknomogi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi dat dalam berbagai cara untuk
mendapatkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu, yang digunakan dalam keperluan pribadi, pendidikan, bisnis,
dan pemerintahan dan merupakan informasi
yang strategis untuk mengambil keputusan. Perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi memacu suatu cara baru dalam
kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini
dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai
kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai
huruf yang dimulai dengan awalan e- seperti e-commerce, e-government, e-education,
e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang
lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Indonesia merupakan
salah satu negara berkembang di dunia. Bahkan saat ini, Indonesia sudah
merupakan salah satu negara yang memiliki pengaruh cukup besar di dunia. Jika
ingin menjadi salah satu negar maju, maka perkembangan teknologi komunikasi di
Indonesia harus bisa lebih ditingkatkan lagi dari sebelumnya.
Sejarah
perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia
dimulai sejak adanya Teknologi Siaran PELITA I, teknologi berupa siaran
radio dan televisi. Memang sarana dan prasarana pada waktu itu belum memadai,
namun dengan perkembangan teknoligi siaran, seperti siaran langsung dari
satelit dan pemancar ulang berdaya rendah , telah memungkinkan dicapainya
seluruh pelosok tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA
berikutnya, yang kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan
jaringan televisi nasional. Satelit komunikasi sejak 1976, Indonesia telah
memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem
satelit komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena
keadaan dan letak geografisnya. Dasar pertimbangan perkembangan sistem ini
adalah untuk keperluan penddidikan.
Penerangan,
hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan dan perindustrian.
Perkembangan perangkat keras komputer juga berkembang sangat pesat. Selain daya
muatnya yang semakin besar, kecepatan operasiny juga semakin tinggi. Personal
komputer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan
suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan.
Salah satu media
komunikai yang menunjukkan peran signifikan yaitu media cetak dan media
elektronik. Saat ini media berperan penting dalam perkembangan bangsa yang
dapat dilihat dari berbagai aspek. Salah satu aspek yang berkembang pesat
adalah penggunaan media internet oleh masyarakat. Dahulu, hanya segelintir
orang yang mengetahui internet, namun sekarang ini orang di desa saja sudah
mengenal internet. Peristiwa ini merupakan salah satu perkembangan teknologi
komunikasi yang sangat baik. Tetapi beberapa dari pengguna internet itu tidak
mengetahui dengan pasti untuk apa kegunaan internet yang sebenarnya. Rata-rata
orang di Indonesia memakai internet hanya untuk eksis atyau bisa dibilang
ikut-ikutan. Ini terjadi karena maraknya situs jejaring sosial yang tersebar di
internet.
Dalam dunia
pendidikan, internet dapat digunakan sebagai wadah yang baik untuk belajar,
bukan hanya untuk sekedar bermain dalam jejaring sosial. Kecenderungan
perkembangan dan implikasi dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang
adalah:
Berkembangnya
pendidikan terbuka dengan modus jarak jauh (Distance Learning)
Searing Resource
bersama antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuah jaringan
Penggunaan
perangkat teknologi informasi interaktif , seperti CD-ROM Multimedia, dalam
pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video
DISTANCE LEARNING
Dengan adanya
perkembangan eknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini
sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media
internet untuk menghubungkan antara
mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek
keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen
dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan. Faktor utama dalam distance
learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara
dosen dan mahasiswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat
dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk
real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan
misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real
video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing
list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas
interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak
100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga
diimplementasikan ke dalam web, seperti materi dosen dibuat dalam bentuk
presentasi di web dan dapat di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian
dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula dilakukan dengan cara yang sama.
CONTOH LAIN PEMANFAATAN ATAS
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA
Perpustakaan
elektronik (e-library) Revolusi teknologi informasi tidak hanya mengubah konsep
pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan.
Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan dibantu teknologi
informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif
menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya
perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya
terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas
Surat elektronik
(e-mail) Dengan aplikasi e-mail, seorang guru, orang tua, pengelola, dan siswa
dapat dengan mudah saling berhubungan. Pihak sekolah dapat membuat laporan
perkembangan siswa dan prestasi belajar baik diminta orang tua atau pun tidak.
Dalam kegiatan belajar diluar sekolah, siswa yang menghadapai kesulitam materi
pelajaran dapat bertanya lewat e-mail kepada pihak sekolah atau guru bidang
studi. Demikian pula untuk guru yang berhalangan hadir dapat memberikan tugas
via e-mail kepada siswa.
Ensiklopedia
Sebagian perusahaan yang menjalankan ensiklopedia saat ini telah mulai
bereksperimen menggunakan CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga
duharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar
saja, tetapi juga video dan audio.
Jurnal atau majalah
ilmiah Salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan Indonesia adalah
kurangny akses informasi ke jurnal atau majalah ilmiah yang berada di internet
sehingga memudahkan bagi para siswa untuk mengakses informasi ilmiah terkahir
yang ada di seluruh dunia.
Pengembangan
homepage dan sistim distribusi bahan belajar secara elektronik (digital) Sistem
pembelajaran melalui homepage dapat dikembangkan dalam bentuk sekolah maya
(virtual school) sehingga semua kegiatan pembelajaran mulai dari akses bahan
belajar, penilaian, dan kegiatan administrasi pendukung dapat secara online
selama 24 jam.
Video
teleconference Keberadaan teknologi informasi video teleconference memungkinkan
bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan berhubungan satu
dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan saranan untuk
diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan belajar
mengajar yang bersifat social. Disamping itu dapat pula untuk pengamatan proses
eksperimen dari seorang guru.
Dampak positif dan
negatif dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang
pendidikan
Dampak Positif
Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan:
1. Informasi yang
dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2. Inovasi dalam
pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin
memudahkan proses pendidikan.
3. Kemajuan TIK
juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis
teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada
dalam satu ruangan.
4. Sistem
administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar
karena penerapan sistem TIK.
Tidak diragukan
lagi, transformasi informasi ini memiliki banyak manfaat positif, namun
sayangnya juga membawa berbagai dampak negatif diantaranya:
1. Kemajuan TIK
juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan
Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang
yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2. Walaupun sistem
administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan
tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan
berakibat fatal.
3. Salah satu
dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan
berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
Menurut pendapat
para pakar informasi, dampak negative dari berbagai fasilitas komunikasi,
termasuk internet, sama sekali tidak dapat dipandang sebelah mata, karena
dampak negatif tersebut sangat mempengaruhi aktivitas penggunanya. Berikut ini
contoh kejahatan maupun tindakan amoral yang paling banyak ditemui sebagai
dampak negatif TIK, diantaranya: Pornografi, Tayangan berupa kekejaman dan
kesadisan, Penipuan, Carding, Perjudian dan Ketergantungan.
Dampak negatif TIK
diatas dapat dicegah dengan cara-cara berikut:
1. Menegakkan
fungsi hukum yang berlaku, misalnya pembentukan chiber task yang bertugas untuk
menentukan standar operasi pengendalian dalam penerapan teknologi informasi di
instansi pemerintah. Hal ini meliputi keamanan teknologi, system rekap data,
serta fungsi pusat penanganan bencana.
2. Menghindari
penggunaan telepon seluler berfitur canggih oleh anak-anak dibawah umur dan
lebih mengawasi pemakaian ponsel.
3. Televisi:
Mewaspadai muatan
pornografi, kekerasan, dan tayangan mistis.
Memperhatikan
batasan umur penonton pada film yang tengah ditayangkan.
Mengaktifkan
penggunaan fasilitas Parental Lock pada TV kabel dan satelit.
Menghindari
penempatan TV pribadi di dalam kamar.
4. Komputer dan
internet:
Mewaspadai muatan
pornografi digital (online maupun offline).
Mewaspadai
kekerasan pada game.
Cek history browser
pada computer anak untuk melihat apa saja yang sudah dilihatnya.
Menggunakan program
filtering dan Parental Control.
Meletakkan computer
pada tempat yang dapat diawasi, hindari penempatan computer di dalam kamar.
Jika terpaksa
meletakkan computer dalam kamar anak, jangan melengkapinya dengan fasilitas
internet.
Perbanyak buku yang
bersifat edukatif di rumah.
Disamping Teknologi
informasi memiliki manfaat yang sangat banyak. Tapi, selain itu masih banyak
kendala dalam penerapan aplikasi teknologi informasi itu sendiri. Diantaranya :
Kurangnya
ketersediaan sumber daya manusia
Kurang siapnya
proses transformasi teknologi
Belum memadainya
infrastruktur telekomunikasi
Belum memadainya
perangkat hukum yang mengaturnya
Memerlukan biaya
yang cukup tinggi
Belum meratanya
jaringan di seluruh Indonesia
REFERENSI
Fairus N. H. 2007.
Terampil menggunakan TIK untuk SMP kelas VII. Bekasi: Ganeca-exact.
Jogiyanto, H. 1999.
Pengenalan Komputer. Yogyakarta: penerbit Andi
Miarso, Yusufhadi,
2005, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Kencana, Jakarta
Moerwanto, F.B,
2002, Mengenali Arti dan Manfaat Telematika, Jakarta
0 komentar:
Posting Komentar